HEADLINE NEWS

Polres Prabumulih Bangun Rumah Baru Warga Kurang Mampu

PRABUMULIH.REPSUS.COM---Sebagai pengayom masyarakat, Kepolisian Resort (Polres) Prabumulih menunjukan kinerja yang baik di bawah pimpinan AKBP Tito Hutauruk Travolta SIk MH.

Kiprahnya bersama para kapolsek di wilayah hukum Prabumulih sangat dirasakan masyarakat. Tak hanya unggul dalam hal penegakan hukum dan sosialisasi Kamtibmas, Polres Prabumulih juga peduli terhadap program sosial kemasyarakatan.

Salah satu wujud kepedulian tersebut yakni pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu. Ditahun 2017 lalu, Polres Prabumulih telah membangun dua rumah baru, Masing masing atas nama Zainal Amirudin warga Kelurahan Karang Jaya Prabumulih Timur dan kemudian rumah baru di wilayah Taman Murni Kelurahan Gunung Ibul Barat untuk warga Jiki Rianto.

Ditahun 2018, Kepolisian Resor Prabumulih kembali membangun rumah sehat dan sederhana. Kali ini yang menjadi sasaran dalam program pembanggunan tersebut adalah rumah milik pasangan suami istri Repi Ariyadi (50) dan Kholifah (48) di Jalan Tower, RT 06 RW 03, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur.

Terbaru, di tahun 2019 Polres Prabumulih dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Tito Hutauruk Travolta SIk MH kembali membangun rumah baru untuk warga miskin demi mendukung program Pemkot Prabumulih. Adapun rumah warga yang dibangun baru yakni milik pasangan suami istri Mardawi (44) dan Endang Esterina (43) warga Dusun 1 Desa Sinar Rambang Kecamatan RKT.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Huaturuk Travolta SIk MH secara langsung melakukan peletakan batu pertama disaksikan Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kajari Husein Admaja SH MH dan tamu undangan lainnya.

Kapolres menuturkan, bangun rumah baru dalam rangka peringatan HUT Bhayanhkara ke 73, dan dana yang digunakan untuk program bantuan bangun  rumah baru berasal dari sumbangan, infaq dan shodaqoh dari seluruh anggota Polres Prabumulih. Dana yang terkumpul diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Prabumulih untuk disalurkan kepada penerima dalam bentuk bangun dan rehab rumah tidak layak huni.

"Tidak ada unsur paksaan kepada anggota. Sumbangannya relatif dan sesuai kemampuan anggota, sehingga kegiatan ini tidak menjadi beban dan mudah-mudahan menjadi amal ibadah untuk kami semua serta bermanfaat bagi yang menerima,. Ini rumah yang ke 4 yang dibangun Polres Prabumulih," jelas Kapolres.

Sementara itu, pasangan suami istri Mardawi dan Endang mengaku sangat terbantu dengan adanya program bantuan bangun rumah baru yang dilakukan oleh Polres Prabumulih. Rumah yang sebelumnya mereka tempati jauh dari kata layak huni.

"Tanahnya kami beli Rp 6 juta dan dibangun seadanya. Disitulah saya bersama istri dan anak-anak tinggal selama belasan tahun. Sekarang sudah dibantu dibangunkan rumah beton oleh Polres Prabumulih, kami sekeluarga ucapkan terima kasih," katanya.

Terpisah, Ketua Baznas Kota Prabumulih Nadjamudin mengungkapkan, dana yang disiapkan untuk program bangun rumah baru oleh Polres Prabumulih 100 persen dari Polres. Anggarannya tersebut senilai Rp 25 -30 juta. Pembangunan dilakukan sampai selesai hingga rumah siap untuk ditempati mencapai 15 hari.

"Ini kerjasama antara Polres Prabumulih dengan Baznaz sebagai pengelola dana infaq dan zakat. Rumah yang dibangun terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Sehingga rumah yang dibangun benar-benar rumah layak huni," tandasnya.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, ini jujur saja terinspirasi dari 2008 melihat masih banyak warga yang tidak memiliki rumah. Makanya program bangun rumah untuk membuang kekumuhan kita galakan. "Program bangun rumah baru ini sudah jadi percontohan nasional. Ada 4 elemen yang ikut melaksanakan program bangun rumah baru yakni dana dari CSR perusahaan, APBD Pemkot Prabumulih, Dana Infaq pegawai dan dana kementerian pusat," pungkasnya. AYJ


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *