HEADLINE NEWS

Proyek SPAM Rp 35 Miliar Solusi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Prabumulih

#Akhirnya Diserahterimakan Ke Pemkot Prabumulih

PRABUMULIH.REPSUS.COM----Proyek Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) IKK Cambai senilai Rp 35 miliar resmi diserahterimakan dan dioperasionalkan. Dengan diresmikannya SPAM IKK Cambai tersebut diharapkan bisa menjawab permasalahan PDAM Tirta Prabu Jaya guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Prabumulih.

Menurut Kepala Satker SPAM Kementerian PUPR, Ir Tanozisochi Lase menjelaskan,
proyek tersebut merupakan bantuan hasil kerja sama dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Pemerintah Republik Hongaria (RH) yang dibangun di kota Prabumulih. Dan hari ini kita lakukan comisioning tes (operasional test) sebagai syarat serah terima SPAM IKK Cambai ini.

"Pembangunan dan operasional SPAM IKK Cambai ini guna mendukung pengembangan air minum, untuk penyediaan air minum layak bagi masyarakat Prabumulih. Bahkan hasil olahan airnya bisa diminum langsung," ujarnya, Senin (22/7).

Tanozisochi Lase menambahkan,  tahun 2017 baru 72 persen untuk penyediaan air minum layak seluruh Indonesia. Makanya itu perlu ditingkatkan dan dioptimalkan melalui kerja sama semua pihak.

"Standar pelayanan harus dipenuhi guna penyediaan air minum layak. SPAM IKK Cambai ke depannya melayani masyarakat di kelurahan di kecamatan. Setidaknya, bisa menambah 3.200 pelanggan baru. Pengembangan selanjutnya, kita serahkan kepada Pemkot," ungkapnya.


Masih kata Tanozisochi Lase mengatakan, ada 4K harus dipenuhi dalam pembangunan SPAM IKK Cambai. Seperti kuantitas air bersih, kontinue suplai air. Lalu, kualitas air bersih yang dihasilkan dan keterjangkauannya kepada masyarakat,.
"SPAM IKK Cambai ini merupakan SPAM IKK ke-27 dari 36 SPAM IKK dibangun di seluruh Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Walikota Ir H Ridho Yahya MM sangat menyambut positif telah dioperasikannya SPAM IKK Cambai. Adanya, SPAM IKK Cambai bisa memberikan manfaat soal pendistribusian air bersih kepada masyarakat.

"Kedatangan Kemen PUPR, khususnya Satker SPAM diharapkan bisa memberikan solusi, soal pengelolaan air bersih di kota Prabumulih. Sehingga seperti layaknya gas kota ke depannya bisa 100 persen dinikmati masyarakat Prabumulih," katanya.

Masih kata Ridho, dengan dioperasionalkannya SPAM IKK Cambai berharap solusi dan bantuan Kemen PUPR, untuk menjawab permasalahan PDAM Tirta Prabu Jaya guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. "Kita berterima kasih kepada pemerintah Hungaria telah membantu pendanaan pembangunan SPAM IKK Cambai untuk pemenuhan distribusi air bersih bagi kota ini," pungkasnya. AYJ

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *