HEADLINE NEWS

Demo Anarkis, Kades Pinang Banjar Dilengserkan Warganya Dari Jabatan

#Tidak Transparan Dana Desa dan Bantuan

GELUMBANG.REPSUS.COM---Tampuk pimpinan pemerintahan desa yang dijabat kepala desa (Kades) Pinang Banjar Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Rabu (20/5/2020) pukul 00.30 WIB dini hari berakhir tragis. Ratusan warganya mengkudeta pemerintahan desa yang di pimpin kepala desa Jon Kenedi, yang menyuruhnya mundur dari jabatan.

Mossi tidak percaya warga atas kepemimpinan Jon Kenedi sebagai Kades Pinang Banjar lantaran pengelolaan dana desa yang tidak transparan serta bantuan BLT yang tidak tepat sasaran. Akibat permasalahan itu, sempat terjadi amuk massa yang menyebabkan kaca jendela rumah kades di rusak warga dan kades nyaris jadi korban pengeroyakan warganya sendiri.

Beruntung tindakan anarkis warga cepat dilerai lantaran sejumlah personil kepolisian dari Polsek Gelumbang dibantu juga Polsek Lembak dan Koramil Gelumbang serta Camat Gelumbang berusaha menenangkan warga yang emosi. Sehingga aksi main hakim sendiri dapat dihindarkan.

Menurut salah satu warga Desa Pinang Banjar,  Mat Napik menjelaskan selain menuntut kepala desa untuk mundur dari jabatannya, warga sekitar juga meminta kepada Bupati Muara Enim dan aparat penegak hukum untuk mengusut asset yang di miliki kepala desa tersebut, yang diduga berasal dari hasil korupsi selama menjabat kepala desa.

"Kami meminta supaya asset yang dimiliki kades ini untuk di usut tuntas sampai habis. Selama kades menjabat ada beberapa ruko yang dimilikinya yang terletak di Desa Talang-Taling," bebernya.

Menyikapi permasalahan warganya itu, Kades Pinang Banjar Jon Kenedi menyatakan siap mundur dari jabatannya sebagai kades. "Bismillahirohmannirohim, saya atas nama kepala desa pinang banjar, mulai saat ini siap dan bersedia mengundurkan diri dari jabatan. Jabatan kades selanjutnya akan diserahkan kepada penggamtinya. Soal aset desa itukan ada di desa. Tapi semua inventaris dan surat-surat aset desa akan saya serahkan," katanya seraya mendapatkan sorakan dari warganya yang puas atas putusan kades.

Terpisah, Camat Gelumbang ,Syarkowi SSos menerangkan, dengan mundurnya kades Pinang Banjar maka segera kita akan cari penggantinya. Sebab, di desa tidak boleh ada kekosongan jabatan pemerintahan. "Akan kita proses pengunduran dirinya. Dan akan kita laporkan ke bapak Bupati Muara Enim," pungkasnya. NIL


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *