HEADLINE NEWS

Kampung Tangkal Covid-19 Gagasan Kapolda di Desa Pangkul Diresmikan

PRABUMULIH.REPSUS.COM--- Kampung Tangkal Covid-19 yang berada di Desa Pangkul Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, Selasa (2/6/2020) siang, resmi diresmikan oleh Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudharmaya SIk MH. Kampung tangkal Covid-19 sendiri merupakan gagasan dari Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Eko Indra Heri MM.

Peresmian kampung tangkal Covid-19 dan posko Covid-19 di Desa Pangkul dibuka secara langsung oleh Ketua DPRD Prabumulih Sutarno SE didampingi Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan  Sudarmaya SIk MH, Wadanyon Zipur 2 SG, Dansub Denpom, Pabung Kodim MPP, Asissten III, Kejari serta Kades Pangkul.

Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudharmaya SIk MH mengatakan, kampung ini disiapkan untuk menghadapi covid-19 dalam rangka menuju New Normal. "Apa itu New Normal, yaitu siap menghadapi tatanan kehidupan yang baru dengan mematuhi protokol kesehatan. Harus memakai masker, cuci tangan setiap selesai kegiatan dan harus jaga jarak," ujar Kapolres saat diwawancarai awak media.

AKBP I Wayan Sudharmaya SIk MH menambahkan, kesadaran warga desa pangkul rata-rata sesuai dengan protokol kesehatan. Yang mana selalu makai masker dan setiap rumah disediakan tempat cuci tangan. Tak hanya itu, untuk menjaga ketahanan pangan, dimana desa pangkul memiliki potensi sehingga kita ajak bekerja sama dengan Polri.

"Karena lahannya cukup potensi untuk ketahanan pangan, makanya desa pangkul kita jadikan percontohan. Ini dijadikan permanen, dan diharapkan ide ini dapat di contoh oleh desa lain baik dari covid-19 maupun untuk ketahanan pangan," ungkapnya.

Masih kata Kapolres, untuk menjaga imunitas suatu kota agar virus tidak menyebar secara masif, kita memerlukan kesadaran individu - individu suatu wilayah. Maka dari itu bapak Kapolda Sumsel menginisiasi terbentuknya kampung tangkal dari penyebaran Covid-19.

"Semua ini tidak lepas dari peran Kepala Desa Pangkul dan perangkatnya yang dimotori oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sebagai perwujudan dulur masyarakat. Kegiatan ini serentak dilakukan diwilayah Sumsel, dan ide Kapolda Sumsel," bebernya.

Sementara Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE mengungkapkan, kita harus siap memasuki era baru atau New Normal karena kita belum tau sampai kapan pandemi virus Covid-19. Terima kasih kepada masyarakat Desa pangkul yang telah mendukung kegiatan Kampung Tangkal Covid-19 dan telah menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 di Kota Prabumulih.

"Semoga dengan adanya contoh kampung tangkal ini akan membuat sadar masyarakat di kelurahan dan desa di kota Prabumulih dan menimbulkan kampung - kampung tangkal lainnya sebagai bentuk tangkal dampak pandemi Virus Covid-19," ungkapnya.

Terpisah, Kades Pangkul Jakaria menjelaskan, kita siap sebagai tempat untuk ketahanan pangan baik tingkat kota maupun provinsi. Mengingat lahan di desa pangkul ini cukup subur untuk di tanami sayur dan sebagainya serta pembibitan kolam ikan.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Kita siap bekerja sama dengan Polr untuk menciptakan ketahanan pangan serta menjadi percontohan kampung tangkal Covid-19. Semua warga saat ini telah mengikuti protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah. Semoga virus corona ini cepat berlalu dan warga desa pangkul siap menuju New Normal," pungkasnya. AYJ

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *