HEADLINE NEWS

Deklarasi Damai, Tekan Potensi Konflik, Calon Kades Siap Kalah Siap Menang


PRABUMULIH.REPSUS.Id---Mengantisipasi potensi konflik pada pelaksanaan Pilkades Serentak pada 14 Nopember, Polres Prabumulih bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengelar deklarasi damai di Halaman Mapolres, Kamis (4/11/2021).

Kapolres Prabumulih, AKBP Siswandi SH SIk MH mengatakan, Pilkades Serentak 2021 berbeda dengan sebelumnya karena di tengah pandemi. “Pilkades Serentak 2021 mengedepankan Protokol Kesehatan (Protkes) ketat, guna memutus mata rantai Covid-19. Patuhi aturan tersebut,” sebut Siswandi, sapaan akrabnya, Kamis (4/11/2021).

Di Pilkades, jelas suhu politik dan dinamika masyarakat akan meningkat. Karenanya, perlu diantisipasi. Kata dia, petugas keamanan baik TNI-Polri harus bekerja sebaiknya.

“Deklarasi damai ini, diharapkan bisa menekan potensi konflik. Salah satunya, kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades, makanya perlu diantipasi. Mempertajam, deteksi dini terkait potensi konflik. Lakukan tindakan tegas terukur, bagi pelanggar bisa menimbulkan potensi masyarakat. Layani dam ayomi masyarakat, semoga berjalan dan lancar,” tukas suami Febbya Winika SE ini.

Ia juga berpesan, agar panitia Pilkades Serentak bisa melaksanakan tugas sebaiknya. Sehingga, Pilkades Serentak bisa berjalan aman dan kondusif.

“Mencegah praktek KKN, tidak melakukan pelanggaran Pilkades dilakukan Cakades. Bersainglah secara tekad, junjung sportifitas. Siap menang dan siap kalah,” beber pria berdarah Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Aku ayah tiga anak ini, lewat Pilkades Serentak ini setidaknya bisa menghasilkan pemimpim baik. Guna meningkatkan kemajuan desa, juga kesejahteraan masyarakatnya. “Jaga, situasi kondisi pada pelaksanaan Pilkades Serentak agar tetap aman dan kondusif. Sehingga pelaksanaannya lancar tanpa hambatan,” tambah Alumni AKPOL 2002.

Kabag Ops, AKP Satria Wira Yudha SIk menambahkan, ada sekitar 50 personel diterjunkan PAM Pilkades Serentak di 7 desa. “20 orang personel berjaga di TPS. Sedangkan, 30 orang standbye jika terjadi konflik bergerak,” ujarnya.

Dalam pengamanan, ia mengatakan, juga berkordinasi dengan TNI. Akunya, saling bersinergi menjaga situasi dan kondisi Pilkades Serentak. “Juga, dibantu Linmas juga ikut membantu PAM Pilkades Serentak,” tandasnya.

Senada juga, dikatakan Asisten I, Drs Aris Priadi SH MSi, kalau para Cakades harus mematuhi aturan dan ketentuan. Juga, selalu menjaga situasi dan kondisi di desa agar aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkades Serentak. “Patuhi deklarasi damai ini, agar tidak terjadi konflik pada pelaksanaan Pilkades Serentak,” pesannya.

Masih kata Aris, seperti diutarakan Kapolres Prabumulih hindari kecurangan Pilkades Serentak supaya tidak terjadi potensi konflik. “Ayo laksanakan Pilkades Serentak secara jujur dan adil,” tukasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), A Fauzan Akmal SSTP MSi mengatakan, ada 22 Calon Kepala Desa (Cakades) bersaing pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 Nopember ini.

Meliputi; Karangan, Karang Bindu, Jungai, Sinar Rambang, Kemang Tanduk, Tanjung Menang dan Tanjung Telang. “Deklarasi damai ini, kita harapkan para Cakades harus siap kalah dan siap menang. Ada 7 desa dan 3 kecamatan terlibat Pilkades Serentak pada 14 Nopember ini. Kecamatan terlibat meliputi RKT, Prabumulih Selatan, dan Prabumulih Barat,” terang Fauzan, kemarin.

Ungkapnya, berharap pelaksanaan Pilkades Serentak berlangsung lancar dan serentak. Dan, ia berpesan, agar para Cakades bermain fair dan menghindari kecurangan dalam Pilkades Serentak ini. “Sehingga, tidak menimbulkan potensi konflik. Agar Pilkades Serentak berjalan tanpa hambatan,” pungkasnya. MIL

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *