HEADLINE NEWS

Wawako Minta Lapak Ikan Jangan Diperjual Belikan


PRABUMULIH.REPSUS.Id----Terkait telah selesainya pembangunan meja lapak pedagang ikan di lantai 1 Pasar Tradisional Modern (PTM) II, pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih, Senin (29/11/2021) pukul 14.00 WIB melakukan pengundian nomor kios lapak meja pedagang. Pembagian meja berdasarkan nomor undian tersebut dilakukan langsung Wakil Walikota Andriansyah Fikri SH.

Sebanyak 93 meja lapak ikan yang dibuat dari batu bata dan dihiasi keramik tersebut, nantinya akan diperuntukan bagi pedagang ikan yang berada dikawasan belakang PTM 1 yang akan direlokasi. Sejumlah pedagang ikan pun tampak bersedia pindah asalkan seluruh pedagang ikan semuanya berjualan dilokasi baru yang disiapkan Pemkot Prabumulih.

Menurut Munzili Tamrin mengatakan, dirinya tidak keberatan pindah untuk berjualan di lokasi tersebut asalkan pemerintah tidak tebang pilih dalam merelokasi para pedagang ikan. "Sebagai pedagang ikan kami berterima kasih telah diberikan lapak untuk satu tahun ini berjualan tanpa biaya penyewaan atau gratis selama satu tahun," ungkapnya.

Munzili menambahkan, kalau melihat kondisi tempat yang baru ini bagus, akan tetapi apakah para pembeli akan ramai mengunjungi kios khusus berjualan ikan ini kita belum tahu. Pasalnya, masyarakat sudah banyak tahu ditempat lokasi yang lama. "Mudah-mudahan ramai pembeli seperti sama dilokasi yang lama. Apalagi tempat yang baru ini tidak becek. Dan yakin akan laris bedagang di tempat baru," ujar pria yang telah berjualan ikan selama 20 tahun lamanya.

Senada Sumarni menambahkan, meja lapak ikan yang diberikan oleh pemerintah bagus akan tetapi mejanya sangat kecil tidak selebar tempat meja yang biasa dirinya berjualan ikan lele dan patin. "Saya sudah 20 tahun berjualan ikan di pasar belakang itu. Saya tidak tahu apakah ramai atau tidak, takutnya pembeli mau atau tidk belanja disini karena alasannya kejauhan. Kalau untuk pindah belum tahu, tapi kalau semuanya pindah semua saya mau, nah kalau ada yang pindah atau tidak saya akan tetap berjualan ditempat yang lama," ungkapnya.

Terpisah Wakil Walikota Prabumulih Andriansyah Fikri SH menerangkan, penempatan kios meja untuk pedagang ikan berdasarkan undian. Dan para pedagang juga diberikan surat pernyataan untuk di isi bersedia menempati lokasi baru kemudian mengikuti peraturan yang ada dan tidak mengalihkan lapak yang diberikan. 

"Meja ini untuk lapak pedagang yang lama. Kalau ada yang dialihkan, maka akan dibatalkan dan diberikan kepada pedagang lain. Nanti yang ditempat lama perlahan akan kita alihkan. Pedagang ikan yang pindah ini juga mendapatkan bantuan fasilitas yakni timbangan dan lainnya," bebernya.

Wawako mengatakan, seluruh pedagang ikan pada 1 Desember 2021 akan pindah untuk berjualan. Pasalnya, nanti pada 11 Desember akan diresmikan oleh pihak kementerian perikanan. "Untuk saat ini sewa lapak akan kita gratiskan selama satu tahun lamanya. Kita juga menyarankan agar para pembeli untuk membeli ikan di tempat yang baru ini karena tempatnya bersih dan mobil bisa langsung masuk dan lebih nyaman. Dan kepada pedagang untuk tetap menjaga kebersihan tempat ini," pungkasnya. MIL

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *